PRAKATA

SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SANGAT SEDERHANA INI........
SEMOGA MESKIPUN SEDIKIT ADA MANFAATNYA

Wednesday, November 12, 2008

BUAH DARI KERIDHAAN ADALAH RASA BERSYUKUR



SALING MERIDHAI

Satu hal yg hrs disadari adalah bahwa keridhaan seorang hamba kpd Alloh dlm segala hal akan membuat Rabb ridha kepadanya.Ketika seorang hamba ridha dgn rejeki yg sedikit maka Alloh akan ridha kpdnya dgn amal sedikit yg dia persembahkan.Ketika seorang hamba ridha thp semua keadaan yg melingkupinya, dan tetap mempertahankan kualitas keridhaannya itu , maka Alloh akan cepat meridhainya ketika ia meminta keridhaan _Nya
Dengan kacamata itu , lihatlah orang2 yg ikhlas, walaupun ilmunya sedikit tapi Alloh meridhai semua usaha mereka karena memang mereka ridha kpd Alloh .berbeda dgn orang2 munafik yg selalu ditolak amalan mereka. Mereka tdk menerima apa yang telah Alloh trurunkan dan tidak suka terhadap keridhaanNya maka Alloh menyia nyiakan amalan mereka.

FAEDAH KERIDHAAN
Keridhaan akan menciptakan ketenangan,hati yg dingin,ketegaran dlm menghadapi syubuhat, ketegaran dlm menghadapi berbagai permasalahan yg tumpang tindih dan muncul deras sekali. Hati yg ridha akan yakin sepenuhnya kpd janji Alloh dan Rosul-Nya.
Sebaliknya tidak menerima akan membuat hati tidak tenang, ragu,dan cemas,tdk tegar,sakit hati,dan bergejolak.Hati mjd bergejolak dan terganggu, seakan di dlm nya ada suara yang membisikkan:
Alloh dan Rosul-Nya tdk menjanjikan pada kami,melainkan tipu daya.
(QS Al Ahjab 12)
Orang yg memiliki hati spt ini akan mengakui kebenaran jika datang kebenaran, dan akan berpaling jika mereka dituntut untuk memenuhi tugasnya. Ketika diberi kebaikan, maka mereka akan merasa tenang. Tetapi ketika diuji, maka mereka akan berubah menjadi buruk. Mereka akan merugi dunia akhirat.
( Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata)
(QS. Al Hajj: 11)

KESELAMATAN ITU ADA BERSAMA KERIDHAAN

Percaya atau tdk, keridhaan akan membukakan pintu keselamatan.Keridhaan membuat hati mjd terbebas dan bersih dari tipu daya, kebusukan dan kedengkian.
Adalah mustahil dlm ht yg bersih itu masih terdapat rasa tdk menerima. Semakin seorang hamba itu ridha, maka semakin bersih hatinya. Kotoran hati kebusukan dan tipu daya adalah kaitan dari sikap tdk menerima. Sedang kebersihan,kelurusan dan kemuliaan hati adalah kaitan dgn keridhaan. Kedengkian adalah buah dari sikap tdk menerima. Dan hati yg bersih dari unsur dengki adalah buah dari keridhaan.
Diibaratkan keridhaan adalah pohon yg baik, yg disirami dgn air keiklasan dan ditanam di kebun tauhid. Akarnya keimanan,dahan dahannya adalah amal salih, dan buahnya sangat manis. Disebutkan dalam sebuah hadits.” Yg akan mencicipi rasa iman adalah orang yg ridha kepada Alloh sebagai Rabb, Islam sebagai agama , dan Muhammad sebagai Rosul.”

KERIDHAAN ADALAH KEKAYAAN DAN RASA AMAN

Barang siapa memenuhi hatinya dgn keridhaan terhadap qadha maka Alloh akan memenuhi hatinya dgn kekayaan rasa aman, serta qana’ah.
Keridhaan akan mengosongkan hati dari berbagai sangkutan dan membiarkannya hanya untuk Alloh. Tapi sikap tdk menerima akan menguras isi hati dari segala hal yg bersangkutan dgn Alloh. Bagi orang yg tdk menerima , kehidupan yang sebenarnya tdk dirasakan dan bagi orang yang selalu mengeluh tidak ada ketetapan yang bisa ia rasakan. Kehidupannya tidak tertata. Yang tampak hanyalah rejekinya yg pas-pasan, nasibnya yg selalu apes, karunia yg didapatkannya terlalu kecil dan musibah yang tak kunjung berakhir. Ia merasa bahwa dirinya berhak mendapatkan lebih dari itu. Di matanya Rabbnya hanyalah pecundang yang selalu membuatnya apes yang selalu menghalanginya
dari kebaikan, yang selalumemberi ujian, yang selalu membebaninya,dan yang selalumembuat keadaannya menjadi lebih buruk. Dengan mata yang sudah tidak jernih seperti itu,bagaimana mungkin ia bisa merasakan kemesraan Rabb-nya,bagaimana ia bisa merasakan kebahagiaan, dan bagaimana ia bisa merasa hidup? Sungguh tidak ada kehidupan bagi orang yang selalu membenci dan menaruh dendam. Dia selalu berada dalam keadaan yang tidak jelas. Dia selalu melihat rejekinya kurang,nasibnya apes, karunia Allah yang diberikan kepadanya terlalu sedikit,dan musibah yang menmpanya bertumpuk-tumpuk. Bagaimana mungkin orang yang seperti ini akan hidup bahagia, tenang, dan bisa menikmati hidup?

BUAH DARI KERIDHAAN ADALAH RASA BERSYUKUR

Keridhaan akan membuahkan rasa syukur yang merupakan level keimanan tertinggi, bahkan merupakan hakikat dari keimanan itu sendiri. Dalam tahapan iman, rasa syukur itu adalah puncaknya. Orang yang tidak ridha terhadap pemberian Alloh, keputusan-Nya , penciptaan-Nya, pengaturan-Nya, terhadap yang diambil dan yang diberikan- Nya, tidak akan bisa bersyukur kepada Alloh. Dan itu artinya, orang yang bersyukur adalah orang paling menikmati hidup.

No comments: